Biografi Guns n Roses

Guns n’ Roses

Guns N Roses - sayanjel.wordpress

Guns n’ Roses, siapa yang tidak tau band yang berasal dari amerika ini, sebuah band yang sangat luar biasa menurut saya pribadi karena karya – karya nya yang keren, sebuah penghargaan atas karyanya dari saya sehingga saya terfikirkan untuk membuat postingan tentang Guns n’ Roses ini.

Guns N’ Roses (GNR) adalah kelompok musik hard rock dari Amerika Serikat yang berdiri pada awal tahun 1985 oleh Anggota Hollywood Rose, Axl Rose (vocals) dan Izzy Stradlin (rhythm guitar), Anggota L.A. Guns Tracii Guns (lead guitar), Ole Beich (bass) dan Rob Gardner (drums). Mereka mengkombinasikan dua nama belakang grup band mereka sebelumnya, Hollywood Rose dan L.A. Gunsmenjadi Guns N’ Roses. Kemudian dalam waktu yang sangat singkat bassist Ole Beich digantikan oleh Duff McKagan dan Tracii Guns digantikan oleh Slash.

Slash dan McKagan telah bermain bersama di Road Crew dan bersama Stradlin selama tugas singkat di Hollywood Rose. Kemudian tak lama sebelum memulai tur singkat, drummer Rob Gardner berhenti dan digantikan oleh teman dekat Slash, Steven Adler. Line Up baru terbentuk dengan cepat, dan mereka menandatangani kontrak dengan Geffen Records dengan formasi Axl Rose (lead vocal), Slash (lead guitar), Izzy Stradlin (rhythm guitar), Duff McKagan (bassist), dan Steven Adler (drummer).

Band telah merilis enam album studio, tiga album EP dan satu album live, dan mereka telah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia. Pada debut album Appetite for Destruction, telah terjual lebih dari 28 juta kopi di seluruh dunia dan mencapai nomor 1 di US Billboard 200 dan juga penjualan debut album tertinggi sepanjang masa di Amerika Serikat. Selain itu juga album ditandai oleh tiga Top 10 hits di Billboard Hot 100, termasuk tembang “Sweet Child o’ Mine” yang menjadi tembang nomor 1. Kesuksesan album pertama juga di ikuti dengan album-album berikutnya yang juga masuk dalam daftar Billboard 200.

Guns N Roses menjadi band rock terbesar di dunia pada tahun 1991-1992 saat double album mereka “Use Your Illusion” meledak di pasaran. Dengan formasinya saat itu Axl Rose(Lead Vocal),Slash (Guitar),Izzy Stradlin (Rhythm Guitar), Duff McKagan (Bass), Dizzy Reed (Keyboard), dan Matt Sorum (Drum). Pada tengah malam 17 September 1991 GNR menjadi band terhebat di dunia. Ratusan toko dibuka sampai pagi untuk menjual album Appetite For Destruction dan Use Your Illusion yang terdiri dari dua album. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kedua album Use Your Illusion itu berada di peringkat pertama dan kedua album terlaris versi Billboard di AS.

Namun kebesaran dan kesuksesan GNR pada masa itu tidak serta merta menjadikan personel mereka lebih solid. Yang terjadi adalah ketika Izzy Stradlin secara mengejutkan mengundurkan diri dari GNR di pertengahan konser keliling dunia album Use Your Illusions (Use Your Illusion World Tours). Izzy digantikan oleh Gilby Clarke di pertengahan konser keliling dunia. Dapat dilihat pula dalam video klip “Don’t Cry”, di klip itu terselip gambar ketika salah seorang fans menempelkan sebuah tulisan di punggungnya “Where’s Izzy???” dan juga di video klip Live And Let Die di klip itu juga terselip poster yang bergambar Izzy Stradlin dan bertuliskan “Missing!!”. Atau kejadian lainnya saat menjelang konser di Tokyo, ada poster juga bertuliskan “Who’s Gilby??”(Gitaris yang menggantikan Izzy). Membuktikan bahwa fans GNR sangat kehilangan sosok Izzy.

 

GNR sayanjel.wordpress

Nasib GNR berubah pada tahun 1994. mereka ribut satu sama lain, sering masuk pusat rehabilitasi ketergantungan narkotika, dan album The Spaghetti Incident? Gagal di pasaran. Keretakan mereka dimulai dari sini.

Setelah itu mereka sempat berkumpul di sebuah studio di Los Angeles untuk merekam album baru yang rencananya dirilis tahun 1995. namun, tak lama kemudian mereka dihinggapi penyakit yang sudah biasa diderita band-band lainnya: kebosanan. Mereka sudah terlalu kaya sehingga mereka berpikir tidak perlu melakukan apapun.

Axl Rose mengangkat dirinya sendiri sebagai pemimpin proyek pembuatan album itu, tetapi dia jelas tidak bisa memimpin. Kebetulan pihak Geffen Records juga memanjakan GNR. Berkat hasil penjualan album yang mendatangkan keuntungan luar biasa besar, mereka memberikan keleluasaan yang istimewa kepada GNR untuk menulis dan merekam. Saat itu GNR sempat merilis single Sympathy for the Devil yang merupakan soundtrack dari sebuah film (Interview With the Vampire).

Pada tahun 1996 Slash meninggalkan GNR, diikuti oleh Matt Sorum (drum) dan Duff Mckagan (Bass). karena perencanaan album yang tidak kunjung kelar tersebut para personel GNR melepaskan diri. Dari para personel orisinal GNR (The Original Guns), tinggallah Axl Rose seorang diri.

Axl Rose tetap mempertahankan merek GNR dan merekrut personel-personel baru, suatu tindakan yang tidak bisa dicegah oleh Geffen Record. Bahkan Geffen Record masih percaya bahwa GNR wajah baru ini akan tetap diminati oleh para penggemar.

Robin Finck Cabut Dari Guns n Roses:Menjelang tur konsernya yang akan digelar pertengahan tahun 2008 ini, grup band Guns n Roses merasa panik. Pasalnya, tanpa ada sebab yang pasti, gitaris mereka Robin Finck hengkang. Seperti yang dilaporkan di situs resmi Grup band tersebut, kabarnya, Robin kembali bergabung dengan bandnya dahulu Nine Inch Nails (NIN) untuk menggelar turnya pada musim panas mendatang. Akibat keluarnya Robin itu, salah satu punggawa Guns n Roses, AXL merasa gusar. “Saat Robin keluar semua jadi kacau. Bukan hanya kami yang bingung, para fans kami juga menjadi bingung, dan mereka merasa agak kesal, “tutur AXL dalam situs resminya. Bukan hanya kali ini Robin membuat ulah tersebut. Dirinya memang kerap keluar masuk dari Guns n Roses dan NIN. Seperti pada tahun 2000 silam, dirinya pernah keluar dari Guns n Roses untuk bergabung dengan NIN, dan ikut tur ke beberapa negara. Setelah tur konser tersebut berakhir pada tahun 2001, dirinya kembali lagi bergabung dengan Guns n Roses. Untuk kemudian menjalani rangkaian tur bersama Guns n Roses dibeberapa negara Asia dan Eropa.

Sepeninggal para personil lawasnya Axl mencoba untuk membangun band GNR kembali. Dari sini GNR mulai kehilangan ciri khas-nya, hal ini dikarenakan input dari anggota baru dan sesuatu yang ingin dicoba oleh Axl yaitu unsur techno. Sebenarnya sample lagunya sudah muncul pada album Use Your Illusion II yaitu ‘My World’. Pada tahun 1999 mereka merilis single ‘Oh My God’ yang merupakan soundtrack film End Of Days, dan pada tahun 2001 GNR mengumumkan secara resmi formasi baru mereka.

Berbagai spekulasi muncul tentang album terbaru, dan Axl beberapa kali pula menjanjikan bahkan menentukan tanggal rilis. Dari tahun ke tahun cerita selalu sama dan fans mulai tampak kecewa karena perilisan album yang diberi judul Chinese Democracy terus ditunda. Namun Axl berasama GNR-nya benar-benar merilis album tersebut pada tahun 2008. Dari sini timbul pro dan kontra, sebagian memuji sebagian lagi memandang negatif terhadap peluncuran album tersebut. Namun GNR tetap berjalan dan akan melanjutkan kisahnya dalam lagu-lagu dan tur-tur berikutnya.

The Classic Original Lineup:
* Axl Rose – lead vocals, piano (1985-present)
* Slash – lead guitar (1985-1996)
* Izzy Stradlin – rhythm guitar (1985-1991)
* Duff McKagan – bass (1985-1998)
* Steven Adler – drums (1985-1990)

The Past Members:
* Ole Beich – bass (1985)
* Rob Gardner – drums (1985)
* Tracii Guns – lead guitar (1985)
* Steven Adler – drums (1985-1990)
* Izzy Stradlin – rhythm guitar (1985-1991)
* Gilby Clarke – rhythm guitar (1991-1994)
* Slash – lead guitar (1985-1996)
* Matt Sorum – drums (1990-1997)
* Duff McKagan – bass (1985-1998)
* Josh Freese – drums (1997-2000)
* Paul Tobias – rhythm guitar (1994-2002)
* Buckethead – lead guitar (2000-2004)
* Robert Flick – lead guitar (1998-2009)

The Current Members:
* Axl Rose – lead vocals, piano (1985-present)
* Bumblefoot – lead guitar (2006-present)
* DJ Ashba – lead guitar (2009-present)
* Richard Fortus – rhythm guitar (2002-present)
* Tommy Stinson – bass guitar (1998-present)
* Brian Mantia – drums (2000-present)
* Dizzy Reed – keyboards, piano (1990-present)
* Chris Pitman – keyboards, programming (1998-present)

salah satu lagu yang menurut njel keren adalah lagu “November Rain” 🙂 enak di dengar semua kalangan, saat senang atau sedih lagu ini pun menjadi legenda selama 20 tahun ini 🙂 berikut video nya dengan lebih dari 280juta pasang mata telah melihat video ini di youtube 🙂

 

 

Discography:

Album: Live ?!*@ Like a Suicide (EP)
Band: Guns N’ Roses
Released: 1986

Album: Appetite for Destruction
Band: Guns N’ Roses
Released: 1987

Album: G N’ R Lies (EP)
Band: Guns N’ Roses
Released: 1988

Album: Use Your Illusion I
Band: Guns N’ Roses
Released: 1991

Album: Use Your Illusion II
Band: Guns N’ Roses
Released: 1991

Album: The Spaghetti Incident?
Band: Guns N’ Roses
Released: 1993

Album: Live Era: ’87-’93
Band: Guns N’ Roses
Released: 1999

Album: Chinese Democracy
Band: Guns N’ Roses
Released: 2008

Sumber: wikipedia

Iklan

Tinggalkan Jejakmu teman, walau sekedar say hai :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s