Microsoft Office Access ( Microsoft Access) – Kelebihan dan kekurangan ms Access

Microsoft Office Access ( Microsoft Access) merupakan salah satu dari aplikasi Microsoft Office , tentunya selain Microsoft Word, Microsoft Excel, dam Microsoft PowerPoint. Microsoft Access menggunakan tampilan grafis yang intuitif dan juga menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine sehingga dapat mempermudah penggunanya.  adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah.
          Microsoft Access bisa mempergunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft SQL Server, Oracle Database, Microsoft Jet Database Engine, atau semua kontainer basis data yang memadai standar ODBC. Disini para programmer yang pemula atau pun masih kurang mahir dapat mempergunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana dan sementara para programmer yang sudah mahir dapat mempergunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks.
        Microsoft Office Access ( Microsoft Access) adalah sebuah aplikasi basis data dari microsoft yang di tunjukan untuk sekala kecil hingga menengah.

Kelebihan dan Kekurangan MS ACCESS  sayanjel wordpress

Kelebihan dan Kekurangan MS.Access 

Kelebihan :

  1. Aplikasinya mudah diperoleh (meskipun bajakan)
  2. Manipulasi tabel dan data sangat mudah dilakukan
  3. Relasi antar tabel dapat dibuat dengan mudah
  4. Perintah SQL dapat diberikan
  5. Tersedia fasilitas untuk keamanan data
  6. Mampu menyimpan data dalam jumlah sangat besar (jauh lebih besar daripada Paradox).
  7. Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL). Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.
  8. Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya (*.MDB). Untuk membuat Query, Access menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman SQL.
  9. Bahasa pemrograman yang tersedia di dalam Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications (VBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office.

Kekurangan :

–    Instalasinya membutuhkan ruang yang cukup besar di hard disk.
–    Hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows.
–    Kapasitas data sangat terbatas sehingga hanya cocok jika diaplikasikan untuk small system atau home bisnis.
–    Keamanan tidak begitu bisa dihandalkan walaupun sudah mengenal konsep relationship.
–    Kurang bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien atau server.
–     aplikasinya tidak free alias tidak gratis.

sayanjel.wordpress.com

Iklan

2 comments

Tinggalkan Jejakmu teman, walau sekedar say hai :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s