OUTING – PENGERTIAN OUTING

Pengertian outing hampir sama dengan outbound games, namun pada intinya adalah untuk penyegaran atau refreshing, tanpa ada maksud untuk merubah karakter. 100% rekreasi.

Pelaksanaan outing itu sama apapun jenis permainannya bagaimanapun cara melakukannya, hanya yang membedakan adalah pada setting utama (main set)nya. Lokasi outing biasanya disetting semaksimal mungkin sesuai dengan tujuan kegiatan.

Tujuan utama kegiatan pelatihan outing adalah melatih para peserta untuk mampu menyesuaikan diri (adaptasi) dengan perubahan yang ada dengan membentuk sikap Professionalisme para peserta yang didasarkan pada perubahan dan perkembangan traits (sifat mendasar) dari individu yang meliputi aspek trust, belief, dan komitmen serta kinerja yang diharapkan akan semakin lebih baik. Nilai plus jika management outing memiliki profesionalitas tinggi.

Outbound Bandung, Pangalengan - calakan.com -

Outing kantor sangat beragam, mulai dari aktivitas yang butuh ketahanan fisik, keberanian nyali, sampai aktivitas yang sifatnya meditasi, refleksi diri, dan refleksi kerja tim. Keragaman ini tergantung pada ‘menu’ yang ditawarkan perusahaan penyelenggara (provider) outing.

Dalam perusahaan outbound training, biasanya ada corporate education program yang membagi kegiatan outing dalam 5 tujuan:

  1. Corporate value awareness, untuk menanamkan atau meningkatkan kepedulian staf akan misi dan visi perusahaan.
  2. Team building, untuk mempererat kerja sama di dalam dan antar-tim kerja.
  3. Change readiness, untuk mempersiapkan staf dalam menghadapi perubahan apa pun di dalam pekerjaan.
  4. Leadership, untuk melatih kemampuan memimpin.
  5. Customized, dibuat khusus untuk keperluan perusahaan yang sifatnya khusus pula.

Donny Tumewu, manajer pemasaran Rakata Adventure, mengatakan, meski training sumber daya manusia dengan cara ini dipadu dengan sejumlah aktivis alam bebas atau pencinta alam, jangan ragukan kualitasnya. Biasanya, penyedia jasa outbound training memiliki trainer dengan latar belakang ilmu psikologi. Dijamin, transfer pengetahuan pun, meski dilakukan secara fun, tetap berbobot.

Yang umumnya menjadi ‘sasaran’ outing adalah latihan penajaman soft-skills (keahlian-keahlian pendukung agar staf bekerja dengan baik). Misalnya, sikap diri atau attitude seseorang. Nilai plusnya seseorang bisa mendapatkan pengalaman autentik dari teori-teori SDM yang umumnya abstrak dan lebih mudah dipahami. Training, tapi rasanya seperti sedang bermain.

Agar benar-benar mencapai tujuan, maka bentuk aktivitas outing juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan staf atau tim kerja: (1) rekreasi, (2) edukasi, (3) pengembangan diri, ataukah (4) redirection (pengarahan ulang bila perusahaan mengubah visi dan misi).

Bagaimana dengan outing yang inisiatifnya datang dari karyawan sendiri, yang sekadar ingin jalan-jalan bareng? Sah-sah saja, kok. Kegiatan ini setidaknya bisa mencapai kebutuhan rekreasi. Dengan outing seperti ini kebersamaan dan kekeluargaan antarstaf dapat menyuburkan hubungan antarpersonal, yang pada akhirnya berpengaruh positif pada produktivitas kerja.

Dan salah satu Event Organizer terpercaya yang dapat menfasilitasi Outbound Training adalah CALAKAN ADVENTURE .

sayanjel.wordpress.com

Iklan

One comment

Tinggalkan Jejakmu teman, walau sekedar say hai :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s